JAKARTA–MICOM: Indonesia menargetkan sektor pendidikan jadi lima besar di dunia pada 2045 mendatang.

Hal itu diungkapkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhammad Nuh seusai Rapat Koordinasi Tingkat Menteri membahas Rancangan Undang-Udang Perguruan Tinggi di Kantor Kemendikbud Jakarta (8/5).

Hadir dalam rakor tersebut adalah Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono, Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Marie Elka Pangestu, serta sejumlah kementerian lain.

Menjadi lima besar di dunia menurut Mendikbud bukanlah hal yang mustahil. Hal ini menyusul bonus demografi yang dialami Indonesia selama tiga dekade, hingga 2030 mendatang. Indonesia diprediksi Bank Dunia akan diuntungkan secara demografis, karena akan memiliki 70 persen penduduk usia produktif.

Hal ini berbeda dengan negara-negara besar lain yang justru akan memiliki lebih banyak penduduk usia lansia daripada yang produktif.

Memanfaatkan momentum tersebut, pembenahan pendidikan tinggi dinilai mendesak. Karena itu rancangan undang-undang pendidikan tinggi diharapkan bisa mewadahi berbagai kebutuhan antisipatif, menghadapi berbagai kemungkinan mendatang.

Tiga hal khusus yang perlu diperhatikan dalam upaya itu adalah cara pendidikan tinggi memiliki modal sosial-politik yang kuat sebagai pemimpin, selain modal pengetahuan, dan kendali atas mobilitas sumberdaya. Berbagai tambahan pertimbangan itulah yang menurut Nuh membuat RUU PT sempat perlu ditunda dari April lalu. Selain itu, ada juga persoalan konsolidasi internal yang katanya perlu diselesaikan.

Keberadaan UU PT nantinya diharapkan memberikan payung hukum yang lebih jelas. “Selama ini kan cuma berdasarkan peraturan pemerintah,” jelasnya. Pada Juni atau Juli 2012 mendatang, RUU PT ditargetkan bisa mulai berlaku. (*/OL-2)

About 79anis

Man Jadda Wajada!"Siapa yang bersunggunh-sungguh, akan berhasil" kata-kata ini sangat mujarab....

Tinggalkan Pesan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s