Surabaya — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, kekuatan utama sebuah politeknik berada pada keterampilan teknis. Untuk meningkatkan kualitas politeknik, ada tiga hal yang harus diperbaiki yaitu dosen yang memiliki kompetensi, laboratorium yang memadai, dan kerja sama dengan dunia industri.

“Itu sebabnya kita buka master dan doktor terapan, karena yang paling baik untuk menjadi dosen politeknik adalah lulusan pendidikan vokasi. Tapi selama ini politeknik hanya memfasilitasi hingga D4,” tuturnya di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Surabaya, Sabtu (28/04).

Saat ini jumlah politeknik negeri di Indonesia masih jauh dari ideal, hanya 32 lembaga dari total ideal sebanyak 150. Pemerintah akan mendirikan beberapa politeknik secara bertahap hingga kebutuhan ideal tersebut tercukupi. “Pendirian politeknik juga ditujukan untuk mendukung Masterplan Percepatan Pembangunan dan Perluasan Pembangunan Indonesia (MP3I),” kata Mendikbud.. Pembangunan politeknik juga akan menyesuaikan dengan kebutuhan industri daerah.

Pendanaan sebuah politeknik jauh lebih besar daripada pendanaan universitas. Satu kelas di politeknik tidak boleh lebih dari 30 orang, karena lebih banyak praktek yang dipelajari. Untuk membuka akses yang lebih besar lagi pada pendidikan vokasi, pemerintah juga menaikkan akses ke sekolah menengah kejuruan dan membuka community college. “Yang dari SMA juga bisa melanjutkan ke community college, D3 atau D4 politeknik, atau D3 di perguruan tinggi reguler,” tutur Menteri Nuh.

Dengan adanya UU Perguruan Tinggi, maka penyelenggaraan politeknik memiliki payung hukum yang kuat dan dukungan dari pemerintah. Pemerintah, kata Menteri Nuh, harus punya kontribusi lebih, dan politeknik sendiri harus punya cara untuk mendukung penyelenggaraannya. “Politeknik juga harus bisa mendanai diri sendiri, tapi nonmahasiswa,” ucapnya. (AR)

sumber :http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/293

About 79anis

Man Jadda Wajada!"Siapa yang bersunggunh-sungguh, akan berhasil" kata-kata ini sangat mujarab....

Tinggalkan Pesan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s