ADELAIDE, KOMPAS.com – Mau menjadi dosen bahasa Indonesia, dengan gaji 1 miliar rupiah per tahun di Australia? Bila Anda memiliki kualifikasi Doktor di bidang humaniora atau Ilmu Sosial berkenaan dengan Indonesia, silakan melamar untuk menjadi dosen di Unversitas New South Wales di Akademi Pertahanan Australia di Canberra (UNSW@ADFA).

Pendaftaran dibuka mulai sekarang sampai 23 April mendatang, dan calon yang diterima akan mulai mengajar 1 Juli 2012. Gaji yang ditawarkan untuk menjadi dosen di sana adalah antara 84 ribu sampai 100 ribu dolar Australia

Pendaftaran dibuka mulai sekarang sampai 23 April mendatang, dan calon yang diterima akan mulai mengajar 1 Juli 2012. Gaji yang ditawarkan untuk menjadi dosen di sana adalah antara 84 ribu sampai 100 ribu dolar Australia (antara Rp 800 juta -sampai Rp 1 miliar).

Menurut laporan koresponden Kompas di Australia, L. Sastra Wijaya, posisi pengajar penuh waktu ini diharapkan akan mengajar bahasa Indonesia dan memperkuat penelitian dalam bahasa Indonesia, dan studi mengenai Indonesia di universitas tersebut. UNSW@ADFA adalah sebuah sekolah untuk para taruna angkatan bersenjata yang berkedudukan di Canberra.

Informasi selengkapnya bisa dilihat di tautan berikut ini http://hr.unsw.adfa.edu.au/employment/index.html

Kesempatan untuk menjadi dosen bahasa Indonesia di Australia tampaknya semakin langka belakangan ini, karena minat untuk belajar bahasa Indonesia di kalangan warga Australia menurun, menurut salah seorang ahli masalah Indonesia, Greta Nabbs-Keller baru-baru ini. Padahal menurut Nabbs-Keller, keahlian mengenai Indonesia sebenarnya sangat penting bagi keamanan nasional Australia.

Bulan Maret lalu, David Hill dari Murdoch University di Perth menerbitkan sebuah laporan yang menyebutkan turunya minat mempelajari bahasa Indonesia di berbagai universitas di Australia turun 40 persen dalam 10 tahun antara 2001-2010, walau dalam satu dua tahun terakhir menunjukkan adanya peningkatan.

“Pihak keamanan Australia sekarang mengalami kekurangan staf yang bisa berbahasa Indonesia dengan baik, dan juga berkurangnya pemahaman mengenai masyarakat Indonesia, karena semakin sedikit yang belajar ke Indonesia atau berinteraksi dengan masyarakat Indonesia,” kata Nabbs-Keller.

Menurut Nabbs-Keller, keahlian warga Australia mengenai Indonesia sangat penting berkenaan dengan tindak terorisme dan bencana alam.

“Ketika terjadi bom Bali tahun 2002, dan juga berbagai penggerebekan terhadap anggota masyarakat Indonesia di Perth, Sydney dan Melbourne, Dinas Keamanan Australia harus mengandalkan pihak luar untuk menganalisa data intelejen yang disita. Tidak ada satupun dinas di bagian di dinas keamanan Australia memiliki ahli Indonesia untuk membantu.” kata Nabbs-Keller.

sumber:

http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/05/09182964/Mau.Jadi.Dosen.Bahasa.Indonesia.di.Australia.Bergaji.Rp.1.Miliar

About 79anis

Man Jadda Wajada!"Siapa yang bersunggunh-sungguh, akan berhasil" kata-kata ini sangat mujarab....

Tinggalkan Pesan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s